Mode Malam di Chrome Android Bikin Mata Nyaman, Ini Dia Cara Mengaktifkannya!

generasi-ipod

Source: Android Community

Banyak orang, mungkin Anda salah satunya, yang senang menggunakan mode malam (night mode) saat sedang berselancar di dunia maya. Sejatinya, fitur mode malam dikhususkan untuk penggunaan smartphone di malam hari atau di tempat yang gelap. Tujuannya, tak lain untuk mengurangi mata cepat lelah akibat melihat layar smartphone terlalu lama dalam mode terang (light mode). Namun, sejumlah pengguna smartphone juga menggunakannya saat siang hari, tentunya dengan maksud yang sama sebagaimana telah disebutkan di kalimat sebelumnya.

Browser besutan Google, Chrome, kini sudah dilengkapi oleh fitur mode malam tersebut sehingga akan semakin membuat nyaman mata para penggunanya saat sedang browsing. Ya, setelah sekian lama dinanti, akhirnya raksasa search engine ini sudi untuk menyematkan fitur tersebut ke dalam Chrome walau masih terbatas hanya untuk platform Android. Akan tetapi, untuk mengaktifkan mode malam di Chrome, Anda masih harus mengubah tampilannya ke Simplified View terlebih dahulu. Setelah itu, baru mode malam bisa diaktifkan. Anda para pengguna browser Chrome di smartphone Android, mari simak cara mengaktifkan mode malamnya berikut ini untuk kenyamanan mata Anda saat browsing.

Ubah Tampilan browser ke ‘Simplified View’

Sebagaimana telah dijelaskan diatas, untuk mengaktifkan mode malam pada browser Chrome, Anda harus terlebih dahulu mengubah tampilan browser ke mode baca atau ‘simplified view’. Fitur ‘simplified view’ ini memungkinkan Chrome untuk mengubah halaman website menjadi minimalis, biasanya hanya berupa teks dan tanpa ada gambar-gambar atau semacamnya. Bagaimana cara mengaktifkan ‘simplified view’ ini? Berikut langkah-langkahnya:

Buka browser Chrome di smartphone Android Anda, kemudian klik icon menu di pojok kanan atas dan pilih ‘Settings’.
Setelah masuk ke menu ‘Settings’, klik ‘Accessibility’ lalu centang pilihan ‘Simplified View’.

Perlu dicatat, fitur ‘simplied view’ ini hanya akan bekerja jika situs yang Anda kunjungi mendukung read mode. Cara mengetahuinya? Ketika Anda sudah masuk ke situs tersebut, maka akan muncul pop-up dengan tulisan ‘Show Simplified View’. Klik untuk mengaktifkan mode ini.

Baca Juga: Ada 5 Fitur Tersembunyi Chrome Android yang Patut Anda Ketahui

Mode Malam (Night Mode) di Browser Chrome untuk Android

Setelah browser Chrome Anda sudah berjalan dalam mode simpel, maka Anda pun akan memiliki pilihan kustomisasi yang berbeda, termasuk pilihan mode malam dan masih beberapa yang lainnya seperti font size dan font style. Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah pertama masih sama seperti saat Anda hendak mengaktifkan ‘simplified view’. Klik icon tiga-titik yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih menu ‘Appearance’.
Setelah meng-klik menu ‘Appearance’, maka akan muncul pop-up yang berisikan pilihan tampilan layar, yakni Light, Dark, dan Sepia. Tidak hanya itu, di pop-up ini Anda juga bisa mengatur ukuran dan style font pada teks sesuai dengan keinginan Anda.

Karena disini kita akan mengaktifkan mode malam, maka Anda bisa meng-klik pilihan ‘Dark’. Atau, Anda juga bisa memilih mode ‘Sepia’, tergantung mana yang membuat mata Anda merasa nyaman saat tengah membaca.

Jika dirasa sudah selesai dan ingin kembali ke tampilan normal, Anda hanya perlu pencet tombol ‘Back’ pada gadget Anda.

Itu dia langkah-langkah untuk mengaktifkan mode malam pada browser Chrome di gawai Android Anda untuk kegiatan browsing yang lebih nyaman bagi mata kita. Mudah bukan?

Sebagai pengguna platform Android, tentunya masih banyak lagi tools-tools menarik yang berhubungan dengan Chrome dan bisa Anda manfaatkan guna mendapatkan pengalaman browsing yang menyenangkan. Contohnya saja sepeerti Google on Tap yang memungkinkan Anda untuk mencari tahu definisi dari sebuah kata yang Anda temukan pada teks hanya dengan meng-klik kata tersebut. Atau ada lagi Reader for Chrome yang mana tools ini ditujukan untuk Anda yang lebih suka dengan audiobooks karena tools ini bisa meng-convert tulisan menjadi sebuah audiobooks. Anda hanya tinggal meng-copy tulisan tersebut kemudian atur volume, pitch, hingga kecepatan membaca sesuai dengan keinginan.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

MOBILEpulsa-banner

Scroll to Top