4 Tips Mempercepat Smartphone yang Mulai Lemot

aplikasi-android

Source: Okezone

Siapa yang tidak memiliki ponsel pintar sekarang ini? Tidak bisa dimungkiri bahwa kebutuhan akan komunikasi dan hiburan saat ini membuat semua kalangan membutuhkan keberadaan sebuah smartphone. Bahkan, tak jarang ada juga yang tidak cukup memiliki hanya satu buah smartphone.

Kehadiran berbagai merek smartphone dengan fitur, desain, teknologi, serta harga yang bervariasi juga menjadi faktor yang membuat semua kalangan semakin membutuhkan ponsel pintar dalam keseharian mereka. Sayangnya, kehadiran ponsel-ponsel pintar tersebut tidak semuanya memiliki kinerja yang baik untuk penggunaan sehari-hari. Terkadang ada juga pengguna yang mengalami masalah pada ponsel cerdasnya. Misalnya, kinerja lambat alias lemot, hang, lag, bahkan aplikasi not responding.

Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai upaya meningkatkan serta mempercepat kemampuan ponsel cerdas milik Anda. Misalnya menghapus aplikasi-aplikasi yang kiranya tidak begitu penting digunakan, mengosongkan memori penyimpanan atau memindahkannya, menghapus serta membersihkan cache, atau menghentikan aplikasi yang sedang berjalan.

Berikut ini beberapa tips untuk mempercepat kinerja smartphone yang lemot.

1. Menghapus Aplikasi

Mempercepat kinerja smartphone tanpa menggunakan aplikasi adalah suatu pekerjaan yang sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal sederhana melalui pengaturan atau penghapusan beberapa aplikasi yang tidak penting, misalnya menghapus aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah Anda gunakan. Biasanya ketika membeli ponsel, di dalamnya sudah terpasang beberapa aplikasi yang kurang berguna dalam keseharian Anda. Selain memakan memori, keberadaan aplikasi ini justru dapat menambah berat kinerja ponsel saja. Untuk mempercepat kinerja smartphone, Anda bisa menghapus aplikasi tersebut melalui Apps Manager di dalam pengaturan.

2. Update OS

Anda bisa meningkatkan kinerja smartphone Anda dengan meng-update sistem operasi pada ponsel anda secara berkala. Selain meningkatkan kinerja dan mendapatkan fitur-baru teranyar dari pembaharuan tersebut, Anda juga bisa mendapatkan tampilan ponsel yang lebih fresh.

Baca Juga: 3 Aplikasi Kesehatan Terbaik untuk Smartphone Berbasis OS Android

3. Membersihkan Home Screen dan Mematikan Animasi

Setelah pemakaian aplikasi, biasanya shortcut aplikasi tersebut masih tersimpan dalam home screen. Anda bisa coba untuk menghapus atau membersihkan aplikasi pada home screen atau sisakan seperlunya saja. Selain shortcut aplikasi, biasanya penggunaan wallpaper bergerak juga bisa membuat smartphone Anda menjadi lemot. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengganti dengan wallpaper yang bersifat statis. Anda juga bisa mengurangi atau mematikan animasi, agar kinerja ponsel pintar Anda bisa lebih cepat dan optimal.

4. Factory Reset

Jalan termudah untuk memperbaiki kinerja ponsel pintar Anda adalah melakukan Factory Reset. Ini akan membuat software ponsel kembali pada kondisi saat Anda baru membelinya dan membersihkan segala data yang ada di dalamnya. Dengan cara melakukan Factory Reset secara berkala, kinerja pada smartphone Anda bisa dijaga supaya tetap pada kondisi yang optimal. Ada satu hal yang harus diingat sebelum melakukan hal ini, yaitu jangan lupa untuk menyimpan data cadangan anda dengan cara mem-back up data di cloud server atau komputer.

Jika Anda kerap kali memiliki masalah kecepatan pada smartphone Anda, ada baiknya Anda mencoba beberapa saran di atas untuk mempercepat kinerja perangkat yang Anda miliki. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, ya.

MOBILEpulsa-banner

Scroll to Top