generasi-ipod

Source: Theverge.com

Tahun 2007 merupakan salah satu tahun penting bagi sejarah dunia komunikasi dunia. Pasalnya, pada tahun tersebut iPhone hadir sebagai alat komunikasi yang tak bisa dianggap remeh oleh dunia. Perusahaan bernama Apple yang didirikan oleh Steve Jobs ini menghadirkan sebuah inovasi besar dalam bidang alat komunikasi berjenis ponsel pintar, yaitu iPhone. Produk iPhone generasi awal menjadi wajah baru alat komunikasi pada level yang lebih mutakhir dengan dukungan teknologi layar sentuh dan virtual keyboard.

Pada usia 11 tahun, iPhone masih menjadi pesaing yang terbilang kompetitif. Di tengah-tengah kemunculan produk smartphone Android yang bertubi-tubi, nyatanya iPhone masih tetap menjadi salah satu smartphone terbaik dan terlaris di seluruh dunia. Meski tak dapat dimungkiri, penjualan iPhone kini tak sebaik masa-masa awal kemunculannya. Namun, itu semua tak bisa menghentikan perkembangan iPhone untuk terus berinovasi.

Sejak kemunculannya hingga kini, iPhone terus mengembangkan inovasinya dengan terus menciptakan spesifikasi yang unggul, fitur yang semakin canggih, dan desain yang lebih menarik. Perkembangan iPhone dari masa ke masa menjadi hal yang menarik untuk dicermati. Penasaran? Anda bisa simak perjalanan iPhone dari generasi ke generasi berikut ini.

1. iPhone 2G (2007)

Produk smartphone ini merupakan generasi pertama produk iPhone yang diluncurkan Apple. Sejak kehadirannya, iPhone 2G langsung menjadi perhatian di mata dunia karena desain dan spesifikasinya yang terbilang inovatif dan sangat berbeda dengan smartphone kebanyakan pada masa itu. Telah didukung dengan teknologi layar sentuh, virtual keyboard, dan jaringan 2G sesuai dengan dengan namanya. Kamera yang diusung iPhone 2G sebesar 2 megapiksel. Generasi awal iPhone ini digadang-gadang sebagai smartphone tercanggih kala itu.

2. iPhone 3G (2008)

Generasi kedua iPhone yang diluncurkan diberi nama iPhone 3G. Lagi-lagi, sesuai namanya, iPhone ini memang sudah didukung koneksi jaringan 3G dengan kecepatan 3,6 Mbps. Selain itu, iPhone 3G juga sudah dilengkapi dengan GPS. Bersamaan dengan hadirnya generasi teranyar ini, Apple juga merilis Apple Store yang memungkinkan pengguna iPhone untuk mengunduh beragam aplikasi yang diinginkan. App Store ini juga diyakini sebagai alasan berkembangnya mobile gaming.

3. iPhone 3GS (2009)

iPhone 3GS hadir dengan kemampuan yang lebih baik dan lebih cepat. Huruf S yang disematkan di belakang 3G pun berasal dari kata “speed”. Terdapat beberapa fitur tambahan, seperti fitur untuk merekam video yang membuat banyak orang kagum dan juga model penyimpanan yang lebih besar, yaitu 16GB dan 32GB.

4. iPhone 4 (2010)

Tahun 2010, Apple lagi-lagi menghadirkan inovasi besar untuk produk unggulannya yang satu ini. Selain hadir dengan desain yang lebih menawan dan elegan, iPhone 4 telah disematkan kemampuan foto hingga 5MP dan juga resolusi layar yang lebih baik yaitu 960 x 640 piksel. Tak hanya itu, iPhone 4 juga sudah dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 0,3MP agar para pengguna iPhone bisa melakukan FaceTime dengan para kerabat dan juga selfie.

5. iPhone 4S (2011)

Selang satu tahun sejak inovasi resolusi layar yang semakin baik dan kamera yang juga semakin bagus, iPhone kembali menghadirkan inovasi canggih. Kali ini, Apple mengenalkan asisten virtual pribadi yang dikenal dengan nama Siri. Huruf S pada iPhone 4 ini tak lagi mereferensi kata “speed” tetapi “Siri”. Selain itu, terdapat peningkatan kualitas kamera yang diusung dengan kekuatan 8MP dan kualitas video 1080 HD. Keunggulan lain iPhone 4S ini adalah kemampuan prosesor barunya yaitu A5 1 GHz. Dengan segala keunggulan terbaru yang ditawarkan, tak heran jika iPhone 4S mengalami peningkatan penjualan yang signifikan. iPhone 4S menjadi iPhone terakhir yang dikerjakan oleh penciptanya, yaitu Steve Jobs, yang kemudian meninggal tak lama setelah produk ini diluncurkan.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pemutar Film / Video Terbaik Android

6. iPhone 5 (2012)

iPhone generasi keenam ini muncul dengan desain yang panjang dan juga tipis. Apple menegaskan bahwa iPhone 5 memiliki kemampuan paling cepat dan juga paling ringan yang pernah dibuat oleh mereka. terdapat beberapa tambahan menarik dalam iPhone yang satu ini, sperti resolusi layar yang lebih baik, performa prosesor yang lebih cepat, kualitas kamera yang semakin baik, dan layar yang lebih besar. Tak hanya itu, terdapat beberapa fitur baru seperti Apple Maps dan Siri yang lebih canggih.

7. iPhone 5C dan 5S (2013)

Pada generasi ketujuh, ada dua seri terbaru iPhone yang diluncurkan sekaligus. iPhone 5C dianggap memiliki spesifikasi yang tak jauh berbeda dengan pendahulunya. Namun, iPhone 5C dianggap lebih awet baterai dan memiliki desain warna-warni pertama yang dikeluarkan Apple. Sementara iPhone 5S dapat dikatakan memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan iPhone 5 dengan performa yang lebih apik karena peningkatan prosesor.

8. iPhone 6 dan 6 Plus (2014)

Seperti generasi ketujuh, pada tahun ini Apple kembali meluncurkan dua versi bersamaan, yaitu iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Keunggulan dua versi terbaru iPhone ini terletak pada ukurannya yang lebih besar. Kedua versi ini sama-sama dilengkapi dengan prosesor A8 1,4 Hz. Kedua seri ini memiliki perbedaan yang sangat tipis.

9. iPhone 6S dan 6S Plus (2015)

Ada banyak tambahan menarik pada kedua versi iPhone terbaru yang menjadi generasi kesembilan ini. Dari segi kamera, meski tak ada perubahan pada kamera belakang, versi ini memiliki kamera depan yang lebih apik yaitu 12MP serta kemampuan merekam video 4K. Tak hanya itu, kedua versi ini memiliki pilihan warna yang lebih variatif dan menarik, seperti gold, silver, rose gold, dan space gray.

10. iPhone 7 dan 7S (2016)

Perkembangan iPhone semakin tahun memang semakin patut diacungi jempol. Untuk generasi kesepuluhnya ini, Apple menanamkan beberapa fitur tambahan yang canggih dengan performa yang tentunya semakin baik. Dengan prosesor yang lebih baik, penyimpanan memori yang lebih besar, ketahanan baterai yang semakin lama, kualitas audio yang semakin nyaman dan baik, hingga tambahan pilihan warna yang lebih variatif.

Di antara deretan iPhone di atas, manakah yang pernah atau sedang Anda miliki? Atau malah Anda sudah memiliki iPhone generasi X?

MOBILEpulsa-banner