penyebab-stres-mobilepulsa

Stres memang bisa melanda siapa saja, tak terkecuali para kalangan pekerja, stres bisa menjadi penyebab utama penghalang untuk produktif, bahkan sudah menjadi penyakit umum, banyak hal yang memicu stres salah satunya pekerjaan di kantor, maka dari itu tak heran jika situasi pekerjaan tertentu bisa menyebabkan dampak buruk pada kesehatan Anda. Berikut lima penyebab atau pemicu stres di tempat kerja yang sering kita jumpai.

1. Keterbatasan di tempat kerja
Mungkin Anda beranggapan pekerjaan yang berlebihan adalah salah satu penyebab stres, tidak juga, namun keterbatasan di lingkungan kerja juga bisa menjadi pemicu stres, mungkin beban kerja Anda bisa diatur, tetapi Anda juga harus berhadapan dengan rekan kerja atau atasan yang kompeten, kurangnya otoritas yang baik di lingkungan kerja, atau minimnya teknologi yang tidak menunjang pekerjaan Anda. hal ini bisanya menjadi penyebab terjadinya stres di tempat kerja. Untuk menanganinya Anda harus membicarakan hal ini kepada atasan, dan cari solusi yang baik.

2. Konflik kepemimpinan
Bagaimana jadinya jika Anda bertanya arah jalan kepada dua orang yang berbeda? Tentu hasilnya akan berbeda pula, hal ini mungkin sering Anda rasakan di tempat kerja, saat ada dualisme dalam kepemimpinan di lingkungan kerja. Bos yang satu meminta Anda untuk melakukan pekerjaan Anda, sedangkan Bos yang satu lagi menugaskan Anda hal yang bertentangan.

Konflik kepemimpinan seperti ini bisa menjadi penyebab stres yang cukup besar. Memang menjadi orang yang berada di tengah – tengah tidak menyenangkan. Untuk itu Anda harus melihat kembali siapa atasan Anda dan kepada siapa Anda harus melapor hasil pekerjaan agar konflik tersebut tidak terjadi lagi.

3. Rekan kerja yang mengganggu produktivitas
Biasanya kehadiran rekan kerja bisa membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan, tetapi ada pula rekan kerja yang justru berperilaku sebaliknya. Rekan kerja yang mengganggu produktivitas Anda biasanya rekan kerja yang senang mengobrol, memutar musik keras-keras, atau melakukan bullying pada Anda. Pada intinya hubungan yang buruk dengan rekan kerja bisa mengakibatkan stres.

Untuk mengatasi hal ini, mungkin Anda wajib menghindari, jika memang tidak bisa dihindari, alangkah baiknya untuk membicarakan hal ini kepada atasan agar lebih baik, namun apabila cara ini tidak berhasil juga, bicarakanlah kepada atasan agar bisa diambil langkah yang lebih baik lagi.

4. Beban kerja berlebihan
Tak heran beban kerja yang berlebihan biasanya menjadi penyebab stres yang umum terjadi, jika memungkinkan cobalah untuk mendelegasikan tugas atau bisa juga meminta bantuan kepada rekan kerja. Anda juga bisa  mengatur dan memprioritaskan pekerjaan, dengan begitu Anda bisa menyelesaikan tugas-tugas yang penting terlebih dulu. Maka dari itu cerdaslah dalam mengatur pekerjaan, Anda pasti bisa jauh dari stres.

5. Berperan ganda
Apakah Anda sudah jelas bertanya tentang tugas utama Anda saat menerima pekerjaan? Atau mungkin juga tanggung jawab Anda berkembang seiring waktu, atau ketika seorang rekan resign, akhirnya Anda yang harus mengerjakan tugas-tugasnya.

Baca Juga: Pentingnya Memahami 7 Alasan Ini Sebelum Mencari Pekerjaan Baru

Bagaimanapun alasannya peran ganda atau lebih tentu tidak akan menyenangkan, apalagi gaji dan jabatan Anda tidak berkembang seperti peran yang diberikan kepada Anda. Cobalah untuk membicarakan hal ini kepada atasan, mintalah penjelasan secara spesifik tentang tanggung jawab dari jabatan Anda tersebut. Selain itu mintalah atasan untuk bisa menciptakan target yang realistis untuk pengembangan karir Anda.

MOBILEpulsa-banner (2)