generasi-ipod

Source: Apple.com

Bagi para penikmat musik tentu kenal dengan perangkat pemutar musik legendaris yang satu ini, iPod. Kehadirannya pada tahun 2001 silam menawarkan hawa segar bagi mereka yang ingin mendengarkan musik dengan lebih praktis, di mana saja dan kapan saja.

Kini, pada usianya yang menginjak 17 tahun, perkembangan iPod dari tahun ke tahun sayangnya seperti gugur digempur perkembangan teknologi smartphone dan juga era streaming. Meski belum sepenuhnya tiada, iPod semakin tak terdengar gaungnya.

Beberapa di antara Anda mungkin masih ingat dengan jargon iklan iPod, “Say hello to iPod. 1,000 songs in your pocket.” Jargon ini bukan sekadar kalimat persuasif karena nyatanya memang Anda bisa mendengarkan seribu lagu dalam iPod generasi pertama yang berukuran mini dan muat di dalam kantung Anda.

Steve Jobs, pendiri Apple yang sangat inspiratif itu, bercita-cita untuk membuat sebuah perubahan sudut pandang ketika seseorang ingin menikmati musik. Berangkat dari cita-cita tersebut, ditambah sebuah mimpi lain untuk menjadi yang utama dalam pasar musik digital, iPod kemudian diciptakan. Meskipun harus pula diakui bahwa pada usianya yang semakin beranjak dewasa ini, perkembangan iPod dari tahun ke tahun terus saja menurun.

Seperti perangkat elektronik kebanyakan, iPod juga mengalami berbagai perkembangan dan inovasi. Sejak tahun 2001, iPod memiliki beberapa perubahan bentuk yang semakin baik dengan membawa beberapa fitur yang semakin disesuaikan dengan tuntutan zaman. Bagi Anda yang merindukan iPod, Anda bisa melihat perkembangan iPod dari tahun ke tahun berikut ini.

1. iPod Classic

Merupakan iPod pertama yang diluncurkan pada tanggal 23 Oktober 2001. Seri iPod ini memiliki kapasitas sebesar 5GB yang dibanderol dengan harga yang cukup mahal kala itu, yaitu 5,2 juta rupiah. Sepanjang perjalanannya, iPod Classic hadir dalam 6 generasi dengan beragam fitur yang semakin baik. Kini iPod Classic sudah tidak lagi diproduksi dan menjadi barang langka yang banyak dicari kolektor.

2. iPod Mini

Pada tahun 2004, iPod meluncurkan produk iPod seri terbaru yang mengusung pemutar musik dengan desain yang lebih mungil dari seri iPod Classic, yaitu iPod Mini. Selama perkembangannya, kehadiran iPod Mini hanya sampai generasi kedua. Tak hanya menyusutkan ukuran, iPod Mini menjadi generasi pertama iPod yang memiliki banyak variasi warna.

3.

iPod U2

Apple pernah bekerja sama dengan U2 dan Universal Music Studio untuk membuat iPod edisi khusus U2. Edisi spesial ini selain dalam rangka menyambut album baru U2, juga ditujukan sebagai salah satu inovasi dalam pasar musik digital. iPod U2 ini berkapasitas hingga 20GB.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pemutar Film / Video Terbaik Android

4. iPod Shuffle

Tak berapa lama setelah iPod U2 diluncurkan, iPod kembali hadir dengan inovasi lain yang diberi nama iPod Shuffle. Berbeda dengan pendahulunya, iPod Shuffle hadir tanpa layar dan didukung penyimpanan dengan format flash memory. iPod ini dihadirkan pada tahun 2005. Sama seperti iPod Classic, iPod Shuffle juga termasuk dalam jajaran seri iPod yang harus digugurkan.

5. iPod Nano

Di penghujung tahun 2005, seolah tanpa henti, iPod kembali meluncurkan seri terbaru, yaitu iPod Nano. Dengan desain yang lebih tipis, iPod Nano menjadi alternatif pilihan selain iPod Mini. Namun, berbeda dengan iPod Mini, iPod Nano kembali hadir hanya dengan dua warna, putih dan hitam. Selain itu, iPod Nano menjadi iPod dengan generasi terbanyak, hingga generasi ketujuh. iPod Nano juga kini bernasib sama dengan iPod Classic dan iPod Shuffle.

6. iPod Touch

Satu-satunya iPod yang hingga saat ini masih ada di pasaran adalah iPod Touch. Seri ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2007. Seiring perkembangannya, iPod Touch hadir hingga generasi keenam. iPod Touch generasi keenam ini memiliki desain yang mirip dengan iPhone 5.

Kehadiran iPod sempat menjadi inovasi hebat bagi dunia musik digital. Namun, seiring berjalannya waktu, iPod harus mengakui bahwa kini masa kejayaannya telah tergerus perkembangan zaman. Itu dia informasi mengenai perkembangan iPod dari tahun ke tahun. Semoga bermanfaat ya!

MOBILEpulsa-banner

Categories: News