Android Emulator Bluestacks

Source: Droid Gamers

Siapa yang suka bermain Game Android di PC desktop? Hmmm, pasti banyak banget dari kalian yang suka melakukan aktivitas ini ya? Ya, sebagaimana yang kita ketahui, bermain game Android di PC kini sudah jadi semacam common activity di kalangan para gamer. Alasannya simpel, demi mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih seru lagi tentu saja. Untuk memainkan game Android di PC, kita pun butuh yang namanya emulator, sebuah software yang memang berfungsi untuk menjalankan game Android di PC. Saat ini, banyak sekali emulator yang bisa kamu temui, seperti youwave, windroye, genymotion, droid4x, dan duos-m.

Nah pada artikel ini, kita tidak akan membahas lima emulator tersebut, melainkan emulator lainnya yakni BlueStacks. Emulator ini disebut-sebut memiliki performa yang lebih baik dibandingkan emulator-emulator pesaingnya. Selain itu, BlueStacks juga memungkinkan kamu untuk dapat mengunduh langsung game-game yang ada di Google Play. Pun, aplikasi-aplikasi social media seperti Facebook, Instagram, dan lain-lain juga bisa kita akses langsung dari BlueStacks ini. Dan kini, BlueStacks sudah masuk ke generasi ke-4 sehingga bisa dibayangkan seperti apa performanya, pastinya lebih baik lagi.

Oke, bagi kamu yang sudah mengenal BlueStacks ini, tentu sudah hafal betul mengenai kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh emulator besutan perusahaan dengan nama yang sama yang didirikan pada tahun 2009 oleh Rosen Sharma. Namun buat kamu yang baru tahu tentang BlueStacks ini, semoga informasi singkat di atas sudah cukup menjelaskan.

Lalu, bagaimana cara menggunakan BlueStacks 4 ini untuk memainkan game-game Android kesayangan kamu di PC? Simak tutorialnya berikut ini yuk!

Meng-Install BlueStacks 4 di PC

Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentu saja meng-install BlueStacks 4 di PC kamu. Jika belum punya, silahkan download terlebih dulu software-nya disini (Pastikan koneksi internet kamu baik, sehingga proses download pun berjalan lancar).

Setelah berhasil di-download, silahkan install BlueStacks 4 di PC kamu. Emulator ini membutuhkan ruang hardisk kosong setidaknya sebesar 2GB. Dalam proses meng-install, disarankan untuk menon-aktifkan antivirus di komputer kamu terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan terkadang antivirus mendekteksi file yang terjangkit virus namun sebenarnya tidak. Oleh karena itu, untuk kelancaran proses install, lakukan hal ini (re: menon-aktifkan antivirus). Nyalakan kembali antivirus komputer kamu setelah proses install selesai.

Baca Juga: Bingung Cari Game Action Android Terbaik Saat Ini? Yuk Simak Daftar Berikut!

Meng-Install Aplikasi dan Game Android di BlueStacks 4

Setelah BlueStacks berhasil ter-install, maka selanjutnya akan muncul halaman awal yang berisikan kalimat “Welcome to BlueStacks” dan sejumlah tutorial penggunaannya. Hal ini sebenarnya tidak terlalu esensial, namun ada baiknya jika kamu ikuti saja agar lebih mengerti lagi bagaimana mengoperasikannya.

Kemudian, kamu akan diarahkan ke halaman sign-in. Karena ini Android, tentu saja yang akan kamu gunakan adalah akun Google kamu. Setelah memasukkan id dan password, silahkan tekan tombol ‘OK’ dan tunggu sampai proses sign-in selesai. Setelah berhasil masuk ke akun Google kamu, klik tombol panah untuk lanjut ke tahap selanjutnya. Voila! Kamu pun sudah sampai di laman yang berisikan daftar Game yang bisa kamu unduh untuk dimainkan. Tinggal pilih mana game yang kamu inginkan dan install.

Itu dia tutorial menggunakan emulator BlueStacks 4 untuk bermain Game Android di PC desktop atau laptop kamu. Siap-siap untuk merasakan sensasi bermain game yang lebih seru bareng teman-temanmu. Selamat mencoba!