Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Smartphone Android Anda

Source: Makeusof

Dewasa ini, smartphone berbasis sistem operasi Android merupakan salah satu perangkat yang digemari oleh banyak orang. Kalangan penggunanya pun beragam, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan orang tua sekali pun. Alasan pengguna smartphone memilih Android salah satunya adalah karena sifatnya yang open-source, sehingga membuat smartphone Android memiliki banyak keunggulan.

Kebutuhan akan komunikasi yang serba canggih dan cepat menuntut para pengguna smartphone untuk memilih perangkat terbaik yang ada. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, smartphone android bisa juga digunakan untuk aktivitas lain, seperti menonton video, berfoto dan edit foto, bermain game, dan lain-lain sesuai dengan passion dan kebutuhan Anda.

Berbagai macam fitur canggih pun dapat dengan mudah ditanam dalam smartphone Android Anda. Namun, meski secanggih apa pun perangkat yang Anda miliki, tentunya ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada perangkat Android Anda agar lebih awet dan tahan lama.

Tanpa disadari, terkadang Anda menggunakan smartphone Android melebihi ketentuan pemakaian sewajarnya. Itu sebabnya, jangan lakukan ini pada smartphone Android Anda.

1. Lupa Mengunci Smartphone

Banyak pengguna smartphone android yang menjadikan perangkatnya sebagai sebuah aset yang bersifat pribadi karena ada beberapa hal yang Anda tidak ingin diketahui banyak orang. Kapasitas penyimpanan yang semakin besar pun tentunya akan membuat Anda lebih mudah untuk menyimpan dokumen penting dalam smartphone Anda. Demi menjaga keamanan data-data yang bersifat penting dan pribadi seperti itu, sebaiknya Anda harus selalu ingat untuk mengunci layar smartphone. Cara mengunci smartphone bisa menggunakan kunci PIN, pola, maupun password sehingga smartphone Anda menjadi lebih aman. Dengan mengunci layar smartphone, Anda jadi tidak perlu khawatir data Anda diketahui oleh orang lain. Apalagi sekarang ini telah hadir inovasi pengunci layar menggunakan sidik jari bahkan iris scanner, pastinya smartphone Anda akan lebih aman lagi.

2. Malas Meng-update Aplikasi

Jika sewaktu-waktu Anda mendapatkan notifikasi untuk meng-update software, jangan sekali-sekali Anda mengabaikan hal tersebut, karena biasanya update software ini akan membuat smartphone Anda mendapatkan fitur yang lebih canggih serta tampilan baru yang fresh. Sebagai salah satu piranti yang menggunakan sistem operasi dan software, sudah sewajarnya Anda menuruti perintah untuk memperbarui aplikasi pada smartphone Android kesayangan Anda.

Baca Juga: Baru Dirilis, Inilah 8 Fitur dari Android 9.0 Pie

3. Jangan Mengisi Daya Menggunakan Port USB Komputer

Bagi Anda yang aktif berkegiatan di luar, pasti Anda seringkali membawa powerbank agar jika daya baterai smartphone Anda habis, Anda tidak panik karena kesulitan mendapatkan sumber daya. Namun seringkali Anda juga tidak mau repot membawa laptop sekaligus powerbank. Alhasil Anda memilih mengisi daya smartphone menggunakan laptop. Sebaiknya, hindari hal ini pada smartphone Anda! Melakukan pengisian daya baterai menggunakan laptop dapat berdampak pada smartphone. Smartphone Anda akan jadi cepat rusak. Meski aliran listrik pada laptop bisa digunakan untuk pengisian daya smartphone Anda, namun arus listrik yang dikeluarkan port USB laptop tidaklah kuat, sehingga membuat baterai smartphone Anda lama terisi penuh. Selain merusak baterai smartphone, mengisi daya menggunakan port USB laptop juga membuat keamanan data Anda terancam. Dengan mencolok smartphone Anda ke laptop dapat membuat data nama perangkat, produsen perangkat, jenis perangkat, nomer seri, informasi firmware, informasi sistem operasi, daftar file hingga chip ID smartphone Anda terbaca oleh laptop. Data yang ada pada smartphone Anda jadi rawan untuk diretas alias di-hack.

4. Jangan Lupa Back-up

Foto dan video merupakan sesuatu yang bersifat private sehingga menjadi sesuatu yang harus Anda lindungi. Selain itu, dokumen-dokumen penting pekerjaan maupun artikel kesukaan Anda juga merupakan aset bagi Anda. Maka itu, untuk menyimpan data-data penting Anda dalam smartphone, bisa Anda lakukan back-up. Hal ini tentunya bertujuan agar data Anda tetap tersimpan sewaktu-waktu smartphone tersebut rusak atau hilang. Back-up data bisa Anda lakukan dengan cara menyimpan pada komputer/PC maupun menggunakan Google Drive atau penyimpanan online lainnya.

5. Jangan Sembarangan Menginstall Aplikasi

Apakah Anda seringkali mengalami kebosanan pada smartphone Anda? Kemudian Anda melakukan penginstallan aplikasi secara acak? Jika iya, jangan ulangi hal tersebut. Apabila Anda penasaran ingin mencoba berbagai macam aplikasi, alangkah lebih baik Anda mencari aplikasi yang tersedia pada Google Play Store. Karena aplikasi yang berasal dari Google Play Store sudah dipastikan aman. Hindari menginstall aplikasi yang berasal dari luar Google Play Store, karena dikhawatirkan akan membuat smartphone Anda terserang malware yang berbahaya.

Itulah sejumlah tip yang bisa Anda terapkan untuk menjaga smartphone Android Anda tahan lama dan juga aman. Semoga bermanfaat!

MOBILEpulsa-banner

Scroll to Top