iPhone lemot

Source: TechRadar

Belakangan, para pengguna iPhone khususnya iPhone 6 series mengeluhkan perihal kinerja ponsel mereka yang lambat alias lemot. Lucunya, hal ini terjadi justru setelah mereka melakukan update pada sistem operasi iOS ke versi yang lebih baru.

Nah, makin menjengkelkan lagi ketika pihak Apple mengkonfirmasi hal ini (re: iPhone melambat) sebagai suatu ‘kesengajaan’ yang bahkan mereka sendiri juga tidak memberikan informasi terlebih dahulu kepada para pengguna. Hmmm, apakah kamu salah satu dari sekian banyak pengguna iPhone model lawas yang merasakan ‘musibah’ ini?

Lalu, untuk apa sejatinya Apple memperlambat kinerja ponsel-ponsel lawasnya? Apakah ini sebuah trik marketing dari perusahaan berlambang buah apel tergigit tersebut untuk memengaruhi para konsumennya agar mengganti iPhone lawas mereka dengan model yang lebih baru?

Eits, jangan terbawa emosi dulu. Faktanya, raksasa teknologi asal Cupertino, AS punya alasan dibalik keputusan untuk menurunkan kinerja ponsel iPhone seri lawas mereka. Ya, hal tersebut semata-mata karena Apple ingin mengatasi masalah iPhone mati mendadak, seperti yang selama ini sering terjadi pada iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone SE, iPhone 6s, iPhone 6s Plus. Penyebabnya? Tidak lain karena menurunnya performa baterai akibat usia ponsel yang sudah agak lama.

Penurunan kinerja ini terhitung dari iOS 10.2.1, dan hal yang sama juga kemudian dialami oleh iPhone 7 dan 7 Plus pada saat update menjadi iOS 11.2.

Baca Juga: Chrome Bikin Android Lemot? Ini Dia Solusinya

Solusi untuk Mengatasi iPhone yang Lemot

Tentu, hal ini menjadi kabar yang kurang menyenangkan, bukan? Lantas, apa yang bisa dilakukan tatkala iPhone sudah terlanjur di-upgrade iOS-nya dan masalah penurunan performa ini menimpa gadget kesayanganmu?

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, penyebab dari iPhone yang menjadi lemot tersebut adalah adanya penurunan kinerja gawai untuk menghindari terjadinya kasus iPhone mati mendadak akibat daya tahan baterai yang menurun. Oleh karena itu, solusi terbaik yang bisa dilakukan olehmu sebagai pemilik iPhone 6 series ialah dengan mengganti baterai ponselmu dengan unit baterai baru. Jika sebelum mengganti baterai kecepatan CPU iPhone diturunkan hingga hanya menjadi 600 Mhz, maka setelah kamu mengganti baterai kecepatan CPU akan kembali berada di angka 1400 Mhz.

Hal ini pun sudah disadari oleh pihak Apple sendiri. Apple dikabarkan memberikan diskon untuk produk unit baterai baru sehingga para konsumen tidak perlu ragu lagi untuk segera melakukan penggantian baterai guna kembali meningkatkan performa iPhone mereka.

Nah, sudah tahu kan apa penyebab iPhone kamu lemot dan bagaimana cara mengatasinya? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya, guys!

Categories: Tips & Trik