Cara Ubah APN Telkomsel Agar Internet Lebih Cepat

cara ubah apn telkomsel

Source: 5G Tricks

Bagi kamu para pengguna smartphone Android, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya APN. Access Point Name atau disingkat APN merupakan sebuah istilah yang disematkan kepada ‘gerbang’ jaringan pada ponsel, meliputi jaringan GSM, GPRS, 3G, hingga 4G. Nah, fungsi dari APN ini tak lain untuk membuat device agar bisa terkoneksi dengan baik dengan jaringan internet dari provider yang kamu pakai.

Sejatinya, setiap provider telah memiliki pengaturan APN-nya masing-masing, yang telah terpasang dari sejak kartu SIM digunakan. Masalahnya, ada sejumlah pengguna (mungkin kamu salah satunya) yang merasa jika setting-an default APN dari provider tersebut terlalu standard, dalam artian kecepatan akses internetnya tidak sesuai dengan keinginan. Pun jaringannya dinilai tidak stabil, terkadang cepat, terkadang lambat.

Nah, bisa kita lihat bahwa selain sinyal, ternyata setting-an APN juga berpengaruh terhadap kualitas jaringan internet ya guys? Oleh karena itu, sebelum kamu ‘menyalahkan’ sinyal yang jelek, ada baiknya jika kamu juga mengecek apakah setting-an APN di ponsel kamu masih default sehingga perlu dilakukan semacam improvement dengan cara mengubah APN-nya karena bahkan, provider seperti Telkomsel saja yang dikenal memiliki kecepatan internet yang baik dan stabil juga tidak serta merta bebas dari masalah setting-an APN ini. Hmm, lalu bagaimana setting-an APN yang paling ideal untuk provider seperti Telkomsel agar internet lebih cepat dan stabil? Simak konfigurasi di bawah ini:

1. Konfigurasi APN Telkomsel Terbaik

· Name : Telkomsel Internet
· APN : telkomsel/internet (kamu bisa pilih salah satu)
· Proxy : Not set
· Port : Not Set
· Username : wap
· Password : wap123
· Server : Not Set
· MMSC : Not Set
· MMS Proxy : Not Set
· MMS Port : Not Set
· MCC : 510
· MNC : 10
· Authentication Type : PAP
· APN Type : default, supl
· APN Protocol : Ipv4
· APN Roaming Protocol: Ipv4
· Enable/disable APN : APN Enabled
· Bearer : Unspecified
· MVNO Type : None
· MVNO Value : Not Set

2. Cara Setting APN Telkomsel di Android

1. Buka menu Settings atau Pengaturan
2. Pilih More atau Lainnya
3. Klik Mobile Network atau Jaringan Seluler
4. Lanjut ke Access Point Name (APN)
5. Klik Add atau Tambahkan APN Baru
6. Masukkan data APN sesuai dengan konfigurasi yang sudah dipaparkan diatas

Di zaman yang serba online ini, internet seakan bukan lagi sekedar kebutuhan sekunder, akan tetapi lebih mengarah ke kebutuhan primer. Dari mulai bersosialisasi, belanja, hingga memesan sarana transportasi umum pun dilakukan secara online karena dinilai lebih efisien. Itu sebabnya, saat ini hampir setiap orang, dari muda hingga yang tua memiliki telepon genggamnya masing-masing, terutama smartphone. Dan itu sebabnya pula, kehadiran koneksi internet yang cepat dan stabil sangat dibutuhkan.

Jaringan nirkabel atau yang kita kenal dengan Wifi mungkin bisa jadi jawaban akan kebutuhan terhadap internet yang cepat dan stabil tersebut. Namun, lain halnya jika kamu hanya mengandalkan paket data dari provider yang digunakan. Eits, seperti yang sudah dijelaskan di atas, ketidakstabilan internet kamu tentu tidak sepenuhnya salah sinyal yang buruk (meskipun hal ini lebih sering terjadi). Cek setting-an APN Telkomsel di smartphone Android kamu untuk memastikan barangkali setting-annya juga perlu diubah agar konektivitas jaringannya menjadi lebih cepat. Jadi, selamat mencoba!

Scroll to Top