Bluetooth iPhone Tidak Berfungsi? Ini Dia Solusinya!

bluetooth iphone

Source: Lifewire

Meskipun jarang terjadi, namun masalah bluetooth yang tidak berfungsi pada perangkat hp iPhone menjadi penting untuk dibahas, jaga-jaga jika Anda mengalaminya. Karena biar bagaimanapun juga, konektivitas bluetooth iPhone bukan berarti tidak memiliki peran yang vital. Contoh saja untuk melakukan tethering mobile hotspot, hingga menyambungkan iPhone ke wireless speaker saat ingin mendengarkan musik.

Nah, tentunya ada sejumlah faktor yang menyebabkan tidak berfungsinya koneksi bluetooth iPhone maupun tablet iPad Anda. Namun, dibalik setiap masalah pasti ada solusi untuk mengatasinya, termasuk ketika bluetooth iPhone tidak bisa tersambung. Lantas, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bluetooth iPhone yang tidak berfungsi? Simak informasinya berikut ini.

1. Matikan Koneksi Bluetooth, Kemudian Reboot iPhone

Solusi pertama untuk mengatasi masalah bluetooth pada iPhone ialah dengan cara mematikan koneksi bluetooth-nya terlebih dahulu, kemudian me-reboot ponsel. Setelah itu, nyalakan kembali bluetooth dan coba sambungkan ke perangkat bluetooth lainnya seperti komputer atau laptop.

Untuk mematikan koneksi bluetooth, silahkan ke menu Settings > Bluetooth, dan untuk me-reboot ponsel, tekan tombol Home + Power (iPhone 4/4s/5/5s/6/6 plus/6s/6s plus) atau tombol Volume down + Power (iPhone 7/7 Plus).

2. Menghapus Daftar Perangkat yang Sudah Pernah Terhubung dengan iPhone Anda

Tidak berfungsinya bluetooth iPhone bisa jadi disebabkan oleh daftar paired devices atau perangkat terhubung yang sudah memenuhi ambang batas. Jika memang kondisinya seperti ini, maka Anda bisa menghapus perangkat bluetooth yang pernah tersambung ke ponsel iPhone Anda. Masuk ke menu Settings > Bluetooth, kemudian pada daftar perangkat yang muncul, klik simbol ‘i’ yang akan mengarahkan Anda ke laman pengaturan selanjutnya. Setelah itu klik opsi Forget This Device. Lakukan langkah pada poin pertama, yakni mematikan bluetooth dan reboot iPhone. Pasca kembali menyala, coba sambungkan lagi bluetooth dengan perangkat lain yang dituju.

Baca Juga: Ingin Beli iPhone Bekas? Baca 5 Tipsnya Dulu Berikut Ini

3. Reset Pengaturan Jaringan (Network Settings)

Jika kedua solusi di atas tetap tidak bisa menyelesaikan masalah bluetooth iPhone Anda, maka cobalah solusi yang ketiga ini, yaitu dengan me-reset pengaturan jaringan ponsel. Masuk ke menu Settings > General. Scroll ke bawah dan klik menu Reset lalu Reset Network Settings. Nantinya, Anda akan diminta untuk memasukkan password sebelum melakukan tindakan ini.

4. Reset Pengaturan Secara Keseluruhan

Sama seperti poin sebelumnya, namun kali ini yang di reset ke settingan pabrik adalah pengaturan iPhone Anda secara keseluruhan. Caranya pun sama, Settings > General, kemudian scroll ke bawah dan klik menu Reset, lalu pilih Reset All Settings. Masukkan password untuk menyelesaikan prosesnya.

5. Update iOS

Solusi terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah bluetooth iPhone Anda yakni dengan meng-update sistem operasi iOS ke versi yang lebih baru. Buka Settings > General > Software Update, kemudian download. Pastikan iPhone Anda kompatibel dengan versi iOS yang baru tersebut.

Itu di 5 solusi mengatasi bluetooth iPhone yang tidak bisa berfungsi. Namun, jika setelah mencoba kelima cara tersebut ternyata bluetooth masih juga tidak bisa digunakan, maka sebaiknya Anda perlu membawa iPhone Anda ke service center untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan. Semoga bermanfaat!

Scroll to Top