Source: BGR.com

Agustus ini, Google mengumumkan julukan resmi untuk sistem operasi terbarunya, Android 9.0. Seperti versi-versi sebelumnya, Android menyematkan huruf dan selalu berkaitan dengan nama penganan. Versi terbaru ini menyandang huruf P atau kependekan dari “Pie”.

Pengguna Pixel—perangkat smartphone yang dibesut oleh Google—sudah dapat mencoba sistem operasi Android 9.0 Pie, yang tersedia lewat update over-the-air (OTA). Adapun pabrikan lainnya dijadwalkan segera menyusul, termasuk Sony, Xiaomi, HMD Global (Nokia), Oppo, Vivo, OnePlus, dan Essential.

Banyak orang tentu tak sabar menikmati pembaruan yang ada di Android 9.0 Pie. Bisa dibilang, cukup banyak pembaruan yang disematkan Google pada OS Android terbaru ini, tak hanya tampilan interface secara grafis, tetapi juga fungsi-fungsi yang esensial. Lalu, apa saja fitur terbaru yang bisa ditemui? Berikut di antaranya.

1. Navigasi Berbasis Gestur

Pengguna lama smartphone berbasis Android pasti sudah cukup bosan dengan tiga tombol navigasi yang secara default tersemat di gawai Anda selama ini. Di versi terbaru ini, Google menyediakan alternatif berupa navigasi berbasis gestur swiping. Slide ke kanan untuk menjalankan fungsi “back”, ke kiri untuk berganti aplikasi yang terbuka, ke atas untuk melihat “recent apps” atau app drawer. Adapun tombol on screen button di tengah layar berfungsi sebagai tombol home.

2. Kunci Rotasi

Pada kondisi tertentu, membolak-balik perangkat gara-gara tampilan berubah saat berganti orientasi seringkali tidak efisien. Jika pada versi Android sebelumnya Google hanya menyediakan opsi “on” dan “off” untuk rotasi otomatis, maka Android 9.0 Pie bisa mengunci tampilan dalam orientasi tertentu. Tombol khusus telah disiapkan di pojok atas layar untuk mengaktifkan kunci rotasi ini.

3. Smart Reply dari Notifikasi

Google memberikan nuansa baru dalam hal tampilan, termasuk untuk “Accessibility Menu”, “Quick Setting”, dan menu notifikasi. Terkhusus untuk notifikasi, Android 9.0 Pie mampu menampilkan konten seperti gambar dari aplikasi pesan instan, berikut opsi untuk langsung membalas percakapan.

4. Mode Gelap

Di versi Android Oreo, Google sempat menyediakan opsi dark mode yang mesti diaktifkan dengan memilih wallpaper, sayangnya fitur tersebut ditarik. Padahal, dalam keadaan tertentu, tampilan antarmuka berwarna gelap lebih nyaman ketimbang warna putih terang seperti biasa. Mode gelap ini kini telah kembali di Android 9.0 Pie dengan cara mengaktifkan yang lebih mudah, yakni dari opsi “Display” di menu “Settings”.

Baca Juga: Inilah Cara Mempercepat Koneksi Internet Ponsel Android Kamu

5. Editing Screenshot

Tak terlalu berbeda dengan versi sebelumnya, Android 9.0 Pie masih mendukung cara pengambilan screenshot dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Namun, ada fitur baru untuk editing screenshot. Segera setelah tangkapan layar diambil, Android 9.0 Pie akan menampilkan tombol “Edit” di preview screenshot. Opsi penyuntingannya antara lain crop, highlight, dan menggambar.

6. Digital Wellbeing

“Digital Wellbeing” bertujuan mengurangi pemakaian ponsel oleh pengguna, lewat sebuah dashboard khusus yang menampilkan fitur-fitur pendukung. Fitur yang satu ini tidak diterapkan secara default di Android 9.0 Pie, namun Anda yang memiliki perangkat seri Pixel bisa mendapatkan fitur ini lewat keikutsertaan dalam program beta. Ada “App Timer” yang membatasi waktu berjalannya aplikasi, “Do Not Disturb”, serta “Wind Down” yang otomatis mengaktifkan fungsi night light dan mengubah warna layar menjadi grayscale untuk mengingatkan pengguna agar segera tidur, apabila masih sibuk memandang layar ponsel di kasur.

7. Fitur Lockdown

Ada satu fitur keamanan baru yang diterapkan di Android 9.0 Pie, yakni mode “Lockdown”. Fitur pengaman ekstra ini akan mengunci perangkat, lalu menonaktifkan pemindai sidik jari dan voice unlock, serta tak menampilkan notifikasi di lock screen. Setelah itu, perangkat akan meminta kunci default seperti PIN atau pattern. Selain fitur ini, ada sejumlah enhancement lainnya, seperti “Android Protected Confirmation” dan “StrongBox”.

8. Adaptive Battery

Memanfaatkan kecerdasan buatan (AI), Android 9.0 Pie mampu melacak pola penggunaan aplikasi oleh pengguna, termasuk kapan saja waktu pemakaiannya, dengan kehadiran fitur “Adaptive Battery”. Aplikasi yang sering dipakai akan mendapat prioritas resource dan baterai untuk berjalan di background, sehingga meningkatkan efisiensi daya dan menghemat baterai.

Masih cukup banyak pembaruan lain yang bisa Anda rasakan dalam pembaruan OS Android terbaru ini, seperti “Select to Speak OCR in Camera View”, “Edge-to-Edge Screens”, “Overview Selection”, dan lain-lain. Namun, ada sejumlah fitur yang ternyata masih dalam tahap penyempurnaan dan baru akan tersedia pada update-update Android 9.0 Pie selanjutnya.

Sudah tak sabar mencoba?

MOBILEpulsa-banner