Setelah sukses menjadi fenomena di platform konsol dan PC, game PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) melebarkan sayap untuk dapat dimainkan di perangkat Android dan iOS. Bergenre battle royale dengan 100 pemain dan dibalut grafis yang memadai, PUBG telah menawarkan gameplay menarik dan seru antar pemainnya, bahkan untuk kelas pemula sekalipun.

Tujuan utama game ini adalah menjadi satu-satunya yang bertahan hidup di antara 100 pemain lainnya. Jadi yang menjadi fokus bukanlah membunuh musuh. Anda tetap memerlukan strategi agar paling tidak bisa menempati ranking 10 besar.

Ada sejumlah hal yang bisa Anda cermati agar menjadi The Last Man Standing untuk mendapatkan winner chicken dinner di PUBG Mobile.

1. Menguasai Kontrol

Bagi pemula, PUBG Mobile memiliki kontrol permainan yang cukup butuh waktu untuk terbiasa. Sebelum bermain, ada baiknya Anda memperhatikan interface menu beserta berbagai fungsinya. Setelah paham betul, jangan langsung berharap bisa menang. Coba bermain dulu dengan santai untuk membiasakan diri pada kontrol permainan yang ada. Yang tak kalah penting dan harus dikuasai adalah kemampuan membawa senjata dan kendaraan di dalam game ini.

2. ‎Lokasi Terjun yang Tepat

Penting diingat, tujuan permainan adalah hidup lebih lama dari 99 pemain lain. Jika Anda masih belum cukup terbiasa dengan permainan ini, ada baiknya Anda mendarat di pinggir map pertempuran yang cenderung lebih aman. Risikonya, Anda dikejar-kejar penyempitan zona aman. Jadi, sebelum melompat dari pesawat, perhatikan jumlah pemain yang masih di dalam kabin dan tunggu hingga sedikit. Setelahnya, langsung cari pendaratan yang paling dekat rumah atau bangunan lain untuk mendapatkan senjata dan perlengkapan lainnya.

3. Pelajari Fungsi Gear dan Atur Perlengkapan

Anda akan memulai game dengan baju biasa dan tangan kosong. Sepanjang permainan, untuk bertahan hidup, Anda bisa memperkuat diri dengan item-item yang tersebar di berbagai bangunan atau dengan merampasnya dari musuh. Anda mungkin menemukan banyak macam senjata, namun bukan berarti Anda juga harus menembakannya agar posisi Anda tidak diketahui musuh. Alangkah baiknya bila Anda sudah mempelajari sebelumnya jenis-jenis senjata yang cocok untuk Anda, serta memikirkan kapan dan di mana saat yang paling tepat untuk menggunakannya.

4. Playzone PUBG

Jika telah mendapatkan perlengkapan yang memadai, saatnya memperhatikan penyempitan zona aman, yakni lingkaran biru, serangan udara lingkaran merah, dan “playzone” atau lingkaran putih. Jangan sampai terlambat memasuki lingkaran putih. Bila lokasi memasuki lingkaran merah, itu menandakan akan terjadi serangan udara. Berlindunglah dari ledakan dengan masuk ke dalam bangunan atau menjauh dari lingkaran merah hingga zona tersebut hilang. Namun, jika memasuki lingkaran putih, maka bersiap-siaplah menghadapi pertempuran super intens yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Jangan terlalu lama di tempat terbuka, lebih baik menunggu di bangunan dan bergerak menggunakan kendaraan.

5. Menembak dan Bertahan Hingga Akhir

Carilah posisi yang baik untuk menembak dan bisa memberikan Anda perlindungan dari serangan balik musuh, misalnya dari dalam bangunan. Bila bertemu musuh di tempat terbuka, cobalah terus bergerak sambil membidik musuh, jangan merunduk dan berdiam diri karena Anda akan menjadi sasaran empuk. Bertahan selama mungkin adalah tujuan Anda, namun sembunyi terus menerus akan membuat karakter Anda lemah karena tertinggal dalam jumlah item. Pemain yang mampu mengais benda-benda lebih baik selama permainan akan menjadi lebih kuat dari Anda. Jadi ketahuilah waktu terbaik untuk membunuh dan sembunyi.

Baca Juga: Tips & Trick Bermain Mobile Legends

Selain itu, game PUBG versi mobile ini merupakan porting sempurna dari game konsol dan PC. Mengingat PUBG menawarkan kualitas grafis yang lebih mumpuni ketimbang game lain sejenis, Anda harus cermat memperhatikan perangkat Anda agar permainan ini lancar dan tanpa hambatan. Berikut tips and trick tambahan yang patut Anda simak.

1. Pastikan Spesifikasi Memadai

Sebagai langkah awal, pastikan spesifikasi smartphone Anda memadai syarat untuk memainkan PUBG Mobile. Untuk perangkat Android, spesifikasi minimal menggunakan CPU Quad-Core dengan RAM 2GB. Game ini membutuhkan kapasitas penyimpanan 1GB dengan perangkat yang menjalankan minimal Android 5.1.1 Lollipop. Sementara untuk iOS, sebaiknya Anda menggunakan perangkat yang sudah menjalankan iOS 9 atau di atasnya, dan sangat disarankan memainkannya di iPhone seri 6 ke atas.

2. Pastikan Jaringan Internet Stabil

PUBG merupakan game multiplayer online, sehingga internet menjadi faktor utama untuk menjamin permainan lebih lancar. Tak sekadar cepat, internet juga harus stabil.

Sekadar informasi, PUBG Mobile secara otomatis menggunakan server North America dengan ping yang terbilang jelek. Untuk itu, lebih baik Anda memilih server Asia karena memiliki ping lebih baik.

3. Jangan Lupa Atur Grafis

Jangan lupa untuk mengatur grafis dengan perangkat untuk mendapatkan gameplay terbaik. Anda dapat mengakses menu ini dengan menekan ikon gear di pojok kanan atas layar dan pilih “Graphics”. Sebagai saran, Anda dapat memilih setting “Frame Rate Medium” dengan pengaturan “Graphics Smooth”.

MOBILEpulsa-banner