Terkadang terasa menyebalkan ketika Kuota Internet Smartphone Android kesayangan kita sangat cepat habis. Perasaan baru kemarin lusa diisi, sekarang kok sudah habis saja. Mungkin ekspresi tersebut sering muncul bagi pengguna ponsel Android yang sekarang ini sedang digandrungi banyak kalangan. Smartphone Android memang terkenal rakus akan kuota internet. Tidak heran ketika kamu mengisi pulsa internet, tidak lama akan segera berkurang jika kamu tidak bisa me-manage dengan baik penggunaan kuota internet pada ponsel Android kamu. Apalagi jika kamu adalah tipe orang yang suka streaming video di Youtube.

Menghemat Kuota Internet Smartphone Android

Jika ponsel Android kamu terinstal banyak aplikasi, maka hal ini tentunya akan lebih mempercepat habisnya kuota internet kamu. Secara tidak sadar, aplikasi-aplikasi tersebut sedikit banyak menyedot kuota internet. Kamu haruslah aware untuk terus mengecek aplikasi apa yang menyedot paling banyak pulsa pada ponsel Android kamu. Jika terus dibiarkan, maka kuota internet kamu akan habis dan dengan segera akan menyedot pulsa handphone kamu.

Tips Berhemat Kuota Internet Smartphone Android

Untuk menanggulangi hal tersebut, maka kami dari mobilepulsa.com sudah merangkum beberapa informasi yang dapat kamu aplikasikan supaya kuota internet kamu tetap irit sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi akan penggunaan internet kamu. Simak beberapa tips berikut ini.

  • Pergunakan Aplikasi Seperlunya Saja

Tanpa kamu sadari banyak dari aplikasi-aplikasi yang kamu install justru menyedot kuota internet kamu. Meskipun kamu tidak memakainya, aplikasi-aplikasi ini terus mengirimkan sinyal untuk berinteraksi dengan server sehingga kuota internet kamu lama-kelamaan habis. Kenali jenis aplikasi ini dengan melihat history pemakaian internet kamu. Jika kamu tidak merasa menggunakan aplikasi tersebut tetapi history menunjukkan penggunaan internet yang banyak, maka kamu wajib curiga.

  • Matikan fitur Auto-Sync supaya lebih Hemat Kuota

Fitur ini memungkinkan semua akun yang kamu daftarkan pada perangkat Android kamu terkoneksi secara otomatis. Secara tidak langsung handphone kamu akan mengirimkan sinyal secara berkala kepada server untuk mendapatkan update dari akun-akun kamu tadi. Jika kamu tidak begitu memerlukan fungsi dari fitur ini, sebaiknya kamu matikan saja supaya lebih menghemat kuota internet smartphone Android kamu.

  • Instal Aplikasi Network Manager

Aplikasi ini dapat menjadi control bagi kamu untuk memantau kuota yang telah terpakai, dan juga aplikasi apa saja yang paling banyak menyedot kuota internet. Dengan begitu kamu bisa lebih membatasi aktifitas yang kurang penting untuk dilakukan ketika berinternetan ria. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini di Play Store. Selain itu, kamu juga bisa mengeset sendiri kebutuhan kamu akan internet.

  • Non-aktifkan Fitur Auto Update

Terkadang tanpa kita sadari aplikasi-aplikasi lama yang memerlukan update secara otomatis memperbaharui dirinya sendiri. Mereka melakukan update tanpa harus menunggu persetujuan dari ‘si pengguna’ ponsel tersebut. Akibatnya kuota lenyap dalam sekejap. Untuk mengatasinya, matikan fitur ini atau ubah menjadi update otomatis hanya pada jaringan WiFi saja. Dengan begitu kuota internet kamu akan aman.

Baca Juga: Pengguna Modem Bolt 4G! Harus Mengetahui Informasi ini

Pada dasarnya boros atau tidaknya kuota internet smartphone Android kamu itu tergantung dari perilaku kamu dalam berselancar di dunia maya. Aktifitas game online yang terlalu sering juga dapat menjadi pemicu borosnya kuota internet. Jadi bijaksanalah dalam menggunakan kuota internet kamu supaya kamu juga bisa berhemat serta menabung demi masa depan kamu nanti.