Serunya Main Game PC Steam Pakai Android Kamu!

Game Steam di Android

Source: Youtube

Suka main Mobile Game di PC desktop? Hmm, pasti banyak dari kamu yang melakukannya ya melalui emulator seperti Nox. Nah, bagaimana dengan sebaliknya? Bermain PC game di smartphone Android maupun iOS. Ya, berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih, hal ini bukan lagi hanya sekedar wacana.

Adalah Steam Link, sebuah aplikasi mobile yang siap memfasilitasi para gamer yang ingin bermain game PC Steam di mobile gadget tersebut. Hmm, bagi sebagian dari kamu, nama Steam Link sendiri mungkin sudah tidak asing di telinga. Ia adalah semacam device yang memungkinkan penggunanya untuk bisa memainkan game-game PC Steam di layar televisi (semacam mirroring) selama antar kedua perangkat terhubung di jaringan internet yang sama. Kendati demikian, konsol canggih ini telah dihapus dari toko resmi Steam.

Nah, konsep yang sama bakal diterapkan oleh Steam kepada Steam Link versi aplikasi mobile ini. Kamu bisa streaming game-game yang ada di library Steam PC kamu di smartphone maupun tablet Android kamu. Syaratnya tetap sama, antara komputer dan smartphone/tablet harus berada di dalam jaringan internet yang sama, minimal 5GHz, agar mendapatkan sensasi bermain game yang lancar.

Untuk soal game-game apa saja yang bisa kamu mainkan melalui aplikasi Steam Link ini, sepertinya tidak ada batasan tertentu. Dalam artian selama kamu bisa memainkan game tersebut di PC, maka kamu pun bisa memainkannya di gadget kamu. Selain itu, Steam Link juga telah mendukung Steam Controller dan MFI Controller sehingga pengalaman bermain game kamu dijamin bakal tambah seru! Oh iya, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Steam Video untuk menonton video-video yang ada di library, baik secara online maupun offline.

Jadi, bagaimana cara streaming Game PC melalui aplikasi Steam Link di smartphone Android kamu? Ini dia langkah-langkahnya.

1. Download Aplikasi Steam Link di Google Play

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menikmati aplikasi canggih satu ini yaitu tentu saja dengan men-download­nya terlebih dahulu di Google Playstore. Baiknya kamu memanfaatkan konetiktivitas Wifi agar lebih cepat dan tentu saja, tidak menghabiskan kuota internet kamu.

2. Buka Menu ‘Settings’ untuk Mengatur Agar Bisa Streaming dari PC ke Smartphone

.Pada Steam di PC, buka menu settings. Buka Steam Client -> Steam -> Settings. Setelah masuk menu ‘settings’, pilih opsi In-Home Streaming. Lalu, jika kebetulan PC atau laptop kamu menggunakan NVIDIA Graphic Card, kamu bisa memilih opsi Advanced Host Option -> centang opsi Use NVFBC capture on NVIDIA GPU. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengalaman gaming kamu nantinya dijamin bakal lebih yahud! Akhiri proses pengaturan ini dengan meng-klik tombol OK.

Baca Juga: Ada 5 Fitur Tersembunyi Chrome Android yang Patut Anda Ketahui

3. Sinkronisasi Steam Link di Smartphone Android Kamu

Selesai men-setting Steam di PC, kini kita beralih ke aplikasi Steam Link yang telah kamu download di HP Android kamu. Pertama-tama, pastikan kamu sudah men-set Controllernya terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan touch controller yang ada di HP Android kamu, atau lebih bagus lagi jika kamu memiliki controller fisik sehingga bakal menghadirkan sensasi bermain game yang lebih nyaman. Aplikasi Steam Link ini pun disebut-sebut sudah compatible dengan banyak wireless controller, salah satunya controller besutan Steam sendiri yakni Steam Controller.

Setelah itu, Steam Link akan melakukan scanning untuk menghubungkan smartphone dengan PC yang tersedia. Pastikan PC dan smarphone Android kamu berada di jaringan yang sama ya agar proses sinkronisasi berjalan lancar. Pilih perangkat komputer yang kamu kehendaki, kemudian masukkan Kode PIN pada Steam Client sesuai yang telah dikirimkan ke Android kamu.

Sebelum streaming bisa benar-benar dilakukan, nantinya aplikasi akan melakukan semacam speed test untuk mengetahui seberapa cepat jaringan lokalmu. Setelah selesai, maka kamu bisa langsung memencet tombol Play untuk memulai. Selanjutnya, Steam Link akan sedikti memberikan informasi perihal controller. Klik Continue untuk melanjutkan, dan kamu akan sampai di library yang berisikan daftar gameyang telah kamu miliki.

Bagaimana, seru bukan? Yuk coba sekarang juga aplikasi Steam Link ini untuk bermain Game PC Steam di Android kamu. Selamat bermain!

Scroll to Top