10 Fitur Rahasia iOS 12 Ini Bikin iPhone/iPad Kamu Makin Kece!

Fitur Rahasia iOS 12

Source: Youtube

Hadir semenjak bulan September yang lalu, iOS 12 diklaim oleh banyak pengguna gawai besutan raksasa teknologi asal Cupertino, AS, Apple, sebagai sistem operasi yang lebih stabil jika dibandingkan dengan versi sebelumnya yakni iOS 11. Ini terutama dirasakan oleh mereka yang menggunakan seri iPhone 5s, 6, 6s, dan 7.

Tidak hanya lebih stabil, sejumlah fitur baru pun disematkan Apple pada iOS 12. Dan dari fitur-fitur baru tersebut, terdapat fitur-fitur ‘rahasia’ yang mana bisa meningkatkan keamanan pada gadget, baik iPhone maupun iPad, juga kemudahan dan kecepatan akses yang lebih baik. Nah, apa sajakah fitur rahasia iOS 12 tersebut? Mari simak informasinya berikut ini.

1. Input Kode Autentikasi Otomatis

Fitur rahasia iOS 12 yang pertama kita bahas adalah otomatisasi input kode autentikasi. Kalau kamu pernah login ke akun media sosial, instant messaging, atau transportasi online, biasanya setelah memasukkan akun email dan nomor telepon, langkah selanjutnya adalah kamu diminta untuk memasukkan kode autentikasi yang dikirim melalui SMS ke ponsel. Nah, alih-alih kamu mengetikkan kode tersebut, yang terjadi ialah fitur ini langsung otomatis memasukkan kode tersebut pada laman aplikasi. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot lagi mengetik kode tersebut. Memudahkan sekali, bukan?

2. Detail Baterai Lebih Lengkap

Dengan adanya fitur ini, kamu dimungkinkan untuk bisa melihat detail status baterai secara lebih lengkap dan detail, setidaknya jika dibandingkan dengan iOS versi-versi sebelumnya. Kamu tinggal menuju ‘settings’ -> ‘Battery’, kemudian disitu nanti akan ditampilkan status baterai mulai dari persentase, level pemakaian baterai dari waktu ke waktu, hingga kapan waktu pemakaian iPhone yang paling sering. Membantu, bukan?

3. Khusus iPad, Ada Gestur khas iPhone X!

Nah, fitur iOS 12 yang satu ini bisa dinikmati oleh kamu para pengguna iPad. Sebagaimana kita ketahui, pada iPhone X yang notabene tidak memiliki tombol ‘Home’, terdapat fitur gesture untuk unlocking ponsel sehingga yang perlu dilakukan hanya men-swipe layar dari bawah ke atas. Pun demikian ketika ingin mengakses ‘control center’, kamu hanya tinggal men-swipe dari pojok kanan atas layar. Hal yang sama kemudian juga bisa diterapkan pada iPad. So, manfaatin fitur keren ini juga ya, guys.

4. Face ID Bisa untuk 2 Wajah

FaceID merupakan fitur baru yang disematkan Apple pada gadget besutannya, seperti iPhone X. Dengan fitur ini, proses unlocking ponsel dapat dilakukan dengan autentikasi wajah sang pengguna. Pada iOS12, Face ID tidak hanya bisa mengenali satu wajah saja, melainkan dua wajah yang berbeda, misalkan wajah kamu dan wajah pasangan kamu.

5. Screen Time Widget

Fitur terbaru di iOS 12 ini akan memberikan kamu informasi perihal seberapa lama kamu menggunakan ponsel iPhone-mu. Cara melihatnya? Buka Today View, kemudian pilih ‘edit’, dan terakhir klik ‘screen time’. Hayoo, kamu masuk kategori pecandu gadget gak nih?

Baca Juga: Ada 5 Fitur Tersembunyi Chrome Android yang Patut Anda Ketahui

6. Akses USB yang Bisa Dinonaktifkan

Hmm, buat apa sih ada fitur ini? Eits, justru fitur yang satu ini bisa meningkatkan keamanan iPhone atau iPad kamu, lho. Itu karena, ketika kamu mengaktifkan fitur ini maka tidak bisa sembarang kabel USB yang bisa tersambung ke gadget kesayangan kamu, yang mana hal itu tentu saja beresiko, bukan? Fitur canggih di iOS 12 ini bisa kamu aktifkan di menu ‘settings’ lalu pilih USB Accessories.

7. Software Akan Ter-Update Secara Otomatis

Ini juga tentu saja akan makin memudahkan kamu. Ya, iOS 12 telah memungkinkan gadget-gadget Apple untuk secara otomatis melakukan pembaharuan atau update software. Kamu tinggal aktifkan saja fitur automatic update ini di ‘settings’. Namun, kamu juga perlu berhati-hati ya, guys. Jika dirasa tidak ingin melakukan update software secara otomatis karena sejumlah alasan, maka lebih baik dinonaktifkan saja.

8. Tambahan Wallpaper Baru

Seiring dengan pembaharuan sistem operasi, Apple juga melakukan penyegaran dari sisi tampilan. Hal ini dibuktikan dengan tersedianya fitur wallpaper baru pada iOS 12 ini. Warna biru, ungu, dan merah menjadi warna dominan di wallpaper baru tersebut.

9. Siri Makin ‘Pintar’

Bicara tentang produk-produk Apple seperti iPhone dan iPad, maka tentunya tidak terlepas dari kehadiran si asisten digital satu ini. Nah, pada iOS 12, Apple menjamin bahwa Siri semakin responsif dan ‘pintar’ dalam menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh kita sebagai pengguna. Hal ini utamanya pada topik-topik yang terkait dengan dunia selebriti dan info-info kesehatan seperti diet. Selain itu, melalui foto, Siri diklaim mampu mengenali orang, acara, tempat, dan beberapa hal lainnya. Penasaran?

10. Emoji Melalui Kedipan Mata

Salah satu fitur menarik di iPhone X yakni kita bisa membuat emoji diri kita sendiri. Nah, setelah kehadiran iOS 12, emoji kamu tersebut bisa muncul tidak hanya melalui juluran lidah, melainkan bisa dengan mengedipkan mata kamu ke layar ponsel. Ini bekerja untuk animoji dan memoji, Namun itu tadi, sayangnya fitur ini hanya bisa didapatkan pada iPhone X.

Oke guys, itu di 10 fitur rahasia dari iOS 12 yang bisa kamu gunakan di iPhone maupun iPad kesayangan. Dari kesepuluh fitur tersebut, mana nih menurut kamu yang paling keren dan bermanfaat?

Scroll to Top